Siswa Berprestasi dan Kepedulian Bank Jateng Syariah

Oleh Ahmad Rofiq

BANK Jateng Syariah (BJS), Kamis (26/08/2021) hari ini menyerahkan hadiah berupa beasiswa prestasi, kepada Siswa-siswi SD Isriati Baiturrahman (ISBA) 1 dan 2 Semarang, yang belum lama berhasil menyabet Medali Perak di ajang internasional uji invensi dan innovasi yang sangat bergengsi WYIIA (World Young International and Innovation Award) tahun 2021.

SD ISBA 1 dan 2 yang berada di bawah Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam (YPKPI) Masjid Raya Baiturrahman, dan saya diamanati sebagai Ketua II membidangi Pendidikan, layaknya saudara kembar dalam berlomba dan berkontestasi meraih prestasi. Meskipun secara geografis, SD ISBA 1 berada di tengah kota, di kompleks Masjid Raya Baiturrahman, sementara SD ISBA 2 berada di Kawasan Islamic Center Manyaran, soal prestasi menjadi nomor satu. Rasanya jika SD ISBA 1 sebagai “saudara tuanya” berprestasi di ajang internasional, maka SD ISBA 2 juga harus sama-sama mampu menggondol prestasi yang sama.

Bank Jateng Syariah memberikan beasiswa kepada siswa SD Isriati 2. Foto:ist

Mengutip QS. Al-Mulk: 2, “Allah menciptakan mati dan hidup ini adalah untuk berkontestasi, mana di antara kalian yang terbaik amalnya”. Selain itu dalam kebaikan, memang diperintahkan untuk bermusabaqah (fa istabiqū l-khairât) (QS. Al-Baqarah: 148). Ini adalah pembelajaran untuk kita semua, bahwa hidup ini adalah untuk berlomba berbuat kebaikan, meskipun pada awalnya dalam adu innovasi, akan tetapi kebiasaan berprestasi ini, akan dapat dipraktikkan dalam menghafal Al-Qur’an juz ‘Amma, dan surat-surat pendek, syukur bisa menghafal Alquran.

Tim SD ISBA 1 memenangi kejuaraan beregu atau tim, dan SD ISBA 2 memenangi katagori perorangan. Tim SD ISBA 1 terdiri dari anak-anak cerdas dan bertalenta tinggi: Ananda Annisa Alifia Zahra, Rahajeng Gianata Amalina, Anggito Khayru Nafis, Satria Ibtibhawira Nezar Natalegawa, dan SD ISBA 2 diwakili oleh Ananda Tiara Ayunda Cahyandaru, Orang Tua Tiara Ayunda Cahyandaru, kelas 6A. Prestasi tersebut, sudah barang tentu sangat membanggakan, karena event sangat bergengsi ini diikuti oleh 377 Tim Kontingen dari 35 negara seluruh dunia.

SD ISBA 1 dan ISBA 2 memang layak dibanggakan. Atas nama YPKPI, saya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para orang tua memberikan kepercayaan dan Amanah kepada kami, untuk “menggula-wentah”, mendidik putra-putri Panjenengan semua, untuk belajar, menimba ilmu, dan mengasah talenta di Lembaga Pendidikan kami.

Tim SD ISBA 1 melakukan penelitian, dengan “mengolah limbah yang secara saintifik mereka lakukan penguji empirik, dan kemudian mereka kemas dalam judul “E-RAINBOW-ZYME: An Alternative Innovation of Waste Reduction for Environmentally Friendly and Non-Toxic Mopping Liquid”.

Sementara SD ISBA 2 yang diwakili Ananda Ayunda, melakukan riset dan menorehkan fikiran cerdas dan talentanya ke dalam artikel yang berjudul “The Effect of Eco Enzyms and Rice Washing Water on The Speed of Spouting in Spinach Seeds”. Yang membuat surprised keluarga besar YPKPI Masjid Raya Baiturrahman, adalah ternyata hasil anak-anak tersebut, mampu memenangi event internasional tersebut. Saya yakin para juri yang menilai dan menguji ajang innovasi dan kreasi internasional, memiliki standar mutu yang tinggi dalam menilai sebuah karya ilmiah.
Apresiasi yang Membesarkan Hati

Demi untuk membesarkan hati anak-anak bertalenta tersebut yang memang sangat membanggakan, perlu apresiasi. Karena itu, seharusnya prestasi anak-anak SD Isba 1 Semarang ini layak dan perlu mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Lingkungan Hidup, Provinsi, maupun Kota Semarang, dan Lembaga yang memiliki kepedulian dan apresiasi pada pengembangan talenta dan masa depan anak-anak bumi pertiwi.

Karena itu, sangatlah wajar jika hari ini Bank Jateng Syariah, Bank-nya wong Jawa Tengah, memberikan apresiasinya dalam wujud Beasiswa Prestasi kepada anak-anak SD ISBA 1 dan 2, yang telah menggondol medal perak internasional (International Silver Medal) di ajang WYIIA (World Young International and Innovation Award) tahun 2021. Semoga para orang tua, akan terus bersemangat dalam mengantar Pendidikan putra-putrinya di Lembaga Pendidikan di atasnya, syukur meneruskan di SMP Hj Isriati di Kawasan Islamic Center Manyaran, yang selain prestasi kognitif, anak-anak dibekali hafalan surat-surat Al-Qur’an, seperti Surat Yasin, Ar-Rahman, Al-Qaqi’ah, dan al-Mulk.

Selamat Bank Jateng Syariah, selamat untuk Ananda Annisa Alifia Zahra, Rahajeng Gianata Amalina, Anggito Khayru Nafis, Satria Ibtibhawira Nezar Natalegawa. Selamat Ananda Tiara Ayunda Cahyandaru, Orang Tua Tiara Ayunda Cahyandaru. Selamat Pak Amir, Pak Musaddat, Keluarga Besar SD ISBA 1 dan 2, dan Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam Masjid Raya Baiturrahman Semarang, yang mengharumkan nama bangsa Indonesia. Yakinlah, prestasi kalian hari ini di tingkat internasional, adalah modal dasar bagi kesuksesan masa depan kalian.

Semoga Allah ‘Azza wa Jalla memberkahi prestasi dan masa depan kalian. Selamat juga pada para orang tua, yang juga hebat dan mempercayakan Pendidikan putra-putri Bapak-Ibu, pada SD Isba 1 dan 2 Semarang. Allah a’lam bi sh-shawab.

Prof. Dr. H. Ahmad Rofiq, MA., Ketua II YPKPI Masjid Raya Baiturrahman Semarang, Ketua DPS RSI- Sultan Agung Semarang, Wakil Ketua Umum MUI Provinsi Jawa Tengah, Direktur LPPOM-MUI Jawa Tengah, Guru Besar Pascasarjana UIN Walisongo Semarang, Ketua Bidang Pendidikan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Koordinator Wilayah Indonesia Tengah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Pusat, dan Anggota Dewan Penasehat Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Pusat. Jatengdaily.com-st